PENGENALAN
OPENGL
Apa itu openGL ? OpenGL
adalah suatu spefikasi grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk
pembuatan grafik primitif termasuk titik, garis, dan lingkaran. OpenGL
digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis.OpenGL bersifat Open-Source, multi-platform dan
multi-language serta digunakan mendefinisikan suatu objek, baik objek 2 dimensi
maupun objek 3 dimensi.
CARA MEMBUAT PROGRAM OPENGL DI DEV C++
1.Sebelum membuat
program openGL dengan dev c++ pastikan kita punya berikut ini :
-dev c++
-glut 37
2.Setelah itu
buka Dev c++ ,selanjutnya install program openGL
( klik tools>>lalu klik package maneger).
(selanjutnya, akan muncul tampilan berikut ini lalu kill install).
(lalu akan muncul tampilan seperti ini .. dan pilih file glut37.zip)
( dan klik install)
3. setelah
kita install openGL barulah buat project nya untuk membuat program garis.
(kill file >> klik project)
(klik console application >> beri nama projectnya >> klik
ok)
Sintak include digunakan untuk memanggil semua
file Header yang dibutuhkan dalam pembuatan program, iostream sebagai input dan
output sedangkan glu,glut,gl berguna agar program dapat menggunakan
statement-statement OpenGL.
Kemudian Void Vertikal, Void Horizontal dan
Void Diagonal adalah function yang digunakan untuk menjalankan program ketika
user menginput pada tampilan nilai menu.
cout berfungsi untuk mencetak dan menampilkan
string atau kalimat yang berada didalam tanda petik dua.
Cin digunakan untuk membaca yang menyimpan
suatu nilai variabel, dimana variabel adalah cin >> a, setelah tanda
>> adalah sebuah variabel.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Digunakan untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix (); Digunakan untuk membuat baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glColor3f (1.0,1.0,1.0); Digunakan untuk
menentukan warna garis/titik.
glBegin (GL_LINES); Digunakan untuk menggambar
garis dari titik.
glVertex3f (x+0.5,a+0.5,0.0); Digunakan untuk
menentukan titik awal.
glVertex3f (x+0.5,b+0.5,0.0);Digunakan untuk
menentukan titik awal.
glEnd (); Digunakan untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir.
glPopMatrix (); Digunakan untuk membuat baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
sintak diatas, menjelaskan bentuk tampilan
menu dimana pilihan menu hanya sampai pada angka 4, menu: menunjukkan sebuah
label yang bernama menu, int a menunjukkan sebuah variabel bertipe data integer
atau angka yang bernama a, kemudian cout berfungsi untuk mencetak dan
menampilkan string atau kalimat yang berada di daam tanda kutip 2. Cin
digunakan untuk membaca yang menyimpan suatu nilai variabel, dimana variabel
bernama a
Statementt switch digunakan untuk melakukan
pemilihan ekspresi atau kondisi yang memeiliki nilai-nilai konstanta. Digunakan
dalam pembuatan tampilan menu. Pada sintak ini pemilihan kondisi dari switch
akan di simpan pada variabel a. case 1 atau pilihan 1 akan memanggil dan
menampilkan function dari program vertical, case 2 akan memanggil function
garis Horizontal, case 3 atan menampilkan function garis Diagonal, case 4 atau
pilhan 4 menunjukkan bahwa program break atau melompat keluar dari statement
switch program. Default berfungsi untuk pilihan variable yang tidak ada atau
pilihan case yang tidak ada maka akan dijanlankan fungsi default ini, dan akan
menampilkan kalimat “Anda
salah memasukkan”, kemudian break atau program akan keluar
dari statement switch dan menuju label menu
} Tanda kurung ini digunakan untuk menutup
pengetikkan sintaks switch
Untuk menjalankan program, compile terlebih
dahulu program untuk memastikan bahwa tidak ada file yang error. Dengan menekan
tombol ctrl + f9 atau bisa dengan mengklik execute pada menu bar lalu bilih
compile. Jika program berhasil maka compile done atau sukses
Kemudian pilih run untuk jalankan program,
atau bisa langsung menjalankan namafile.exe (Tugas.exe) sesuai dengan nama yang
anda simpan sebelumnya. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah in :
Pilih salah-satu inputan
Untuk pilihan 1 (Garis Vertikal) memiliki
syarat bahwa nilai Y awal harus sama dengan X tetap, berikut tampilannya:
Untuk pilihan 2 (Garis Horizontal) memiliki
syarat bahwa nilai X awal harus sama dengan Y tetap, berikut tampilannya:
Untuk pilihan 3 (Garis Diagonal) memiliki
syarat bahwa Nilai X0 dan Y0 harus bernilai 0 sedangkan untuk X1 dan Y1 Harus
diisi dengan nilai selain 0 sebagai derajat pembuat garis.
Jika menginput angka 4, maka program akan
berhenti atau berakhir.
Untuk melihat program nya bisa dilihat link dibawah ini.
Download
(scriptnya)
https://drive.google.com/open?id=0Bye9O-xmRnzecjBWU0JWeHBTYzA
(programnya)
Untuk melihat program nya bisa dilihat link dibawah ini.
Download
(scriptnya)
https://drive.google.com/open?id=0Bye9O-xmRnzecjBWU0JWeHBTYzA
(programnya)
bang bisa minta tolong?
BalasHapusTuliskan bagian-bagian menu tools pada dev c++ lengkap dengan fungsi dan keterangan.
menu tools dev c++ contonya
-COMPILER OPTIONS
-ENVIROMENT OPTIONS
-DLL
TOLOG DIBANTU !!!